ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN KENDARAAN MOTOR PADA CV BINTANG ANUGRAH MOTOR

Judul : ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN KENDARAAN MOTOR PADA CV BINTANG ANUGRAH MOTOR

Penulis : HERIYONO

Kutipan : Irawan, Faried, Wijaya dan M.N. Sudjoni, 1998, Pemasaran Prinsip Dan Kasus, Edisi 2, Yogyakarta: BPFE Yogyakarta. Iskandar, Putong, 2003, Teknik Pemanfaatan Analisis SWOT Tanpa Skala Industri (A-SWOT-TSI), Jurnal Ekonomi & Bisnis No. 2, Jilid 8, Tahun 2003. Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani, 2006, Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: Salemba Empat. Purwanto, Iwan 2008, Manajemen Strategi, Bandung: Yrama Widya. Marcus, Remisa, 2005, Perencanaan Strategis Pemasaran Untuk Menciptakan Sustainable Competitive Advantage (Kasus Pada Program Studi Manajemen Perhotelan Uk Petra Di Surabaya), Jurnal Manajemen Perhotelan, Vol. 1, No. 1, Maret 2005: 14-23. Nunung, Nurhasana, 2006, Perumusan Strategi Pemasaran Melalui Penentuan Prioritas Trapezoidal Fuzzy Number (Studi Kasus Industri Minuman Tradisional), Jurnal Teknik Industri Vol. 8, No. 2, Desember 2006: 131- 140. Rangkuti, Freddy 2006, Analisis Swot Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Singgih Santoso, SPSS – Statistik Parametrik, PT. Elex Media Komputindo, 2001. Supariyani, Emmy, 2004, Pengaruh Biaya Pelaksanaan Promosi Melalui Pameran terhadapa Tingkat Volume Penjualan pada PT Astra Internasional Tbk Isuzu Cabang Bogor, Jurnal Ilmiah Ranggagading Vol. 4, No. 1, April 2004: 69-74.

Penerbit : Fakultas Ekonomi UNTAG Cirebon

Edisi : Volume 6 No. 1 Januari-Juli 2017

ABSTRAK

CV Bintang Anugrah Motor mempunyai suatu masalah dengan terjadinya penurunan tingkat penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemasaran yang dapat dilakukan CV Bintang Anugrah Motor berdasarkan matrik BCG dan analisis SWOT yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan. Matrik BCG dilakukan berdasarkan laporan penjualan CV Bintang Anugrah Motor tahun 2015-2016 yang dibandingkan dengan laporan penjualan pesaing, yaitu PT Kurnia Jaya untuk mengetahui tingkat pertumbuhan pasar dan pangsa pasar. Analisis SWOT dilakukan dengan menganalisis yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman CV Bintang Anugrah Motor dibandingkan PT Kurnia Jaya. Hasil penelitian dari analisis matrik BCG diketahui tingkat pertumbuhan pasar CV Bintang Anugrah Motor sebesar 21% dan pangsa pasarnya sebesar 1.60, sehingga berada dalam kuadran stars, strategi pemasaran yang dapat digunakan adalah dengan melakukan investasi dengan membuka cabang CV Bintang Anugrah Motor di lokasi lain dan melaksanakan upaya meminimalkan biaya dan operasi yang tidak efisien agar tetap mempunyai cash flow yang kuat. Dari analisis SWOT diketahui strategi SO yang dapat digunakan adalah membuka lokasi baru, dan memberikan potongan penjualan yang lebih besar jika konsumen melakukan pembelian ulang. Strategi WO yang dapat digunakan adalah dengan memberikan bonus secara intensif kepada pegawai untuk menambah motivasi pegawai dan menambah tenaga pemasaran. Strategi ST yang dapat digunakan adalah dengan terus meningkatkan kualitas dan mutu pelayanan dan dengan membangun gudang tempat penyimpanan motor-motor Honda yang siap dijual. Strategi WT yang dapat digunakan adalah dengan terus meningkatkan kegiatan-kegiatan promosi dan dengan meminimalkan biaya dan operasi yang tidak efisien, agar dapat menghemat pengeluaran biayanya.

Kata kunci : Pemasaran, Matrik BCG, Analisis SWOT, dan Penjualan.

File : 2. Heriyono, SE., MSi..pdf

2017-08-08 08:59:33



join.jpg, 67kB