ANALISIS PENGARUH BRAND IMAGE DAN DAYA TARIK IKLAN TERHADAP MINAT BELI KARTU SELULER XL MAHASISWA UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG

Judul : ANALISIS PENGARUH BRAND IMAGE DAN DAYA TARIK IKLAN TERHADAP MINAT BELI KARTU SELULER XL MAHASISWA UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG

Penulis : Vita Dhameria

Kutipan : Arikunto. 1996. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. Arista, Elisabeth Desi. 2011. Analisis Pengaruh Iklan, Brand Trust Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen Telkom Speedy. Semarang. Belch, G.E and M.A. Belch. 2004. Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Commnunications Perspective. Sixth Edition. The McGraw Hill/Irwin: New York. Davis, D. F., Golicic, S. L., & Marquardt A. J. 2008. Branding a B2B Service: Does A Brand Differentiate A Logistics Service Provider? Industrial Marketing Management. 37, 218-227. Dodds, William B., & Grewal, D. 1991. Effect of Price, Brand and Store Information on Buyer’s Product Evaluation. Journal of Marketing Research, 28(3), 307-319. Durianto. 2004. Strategi Menaklukkan Pasar Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Ferdinand, A.T. 2002. Structural Equation Modelling dalam Penelitian Manajemen. BP-UNDIP, Semarang. Gede Riana. 2008. Pengaruh Trust Terhadap Loyalty Brand. Buletin studi ekonomi. Vol 13/2: 3-6. Halas, John dan Roger Manvell. 1991. Film Animation. Focal Press. London. Herbig, P., & Milewicz, J. 1993. The Relationship of Reputation and Credibility to Brand Success. Journal of Consumer Marketing. 10(3), 18-24. Hoeffler, S., & Keller, K. L. 2002. Building Brand Equity Through Corporate Societal Marketing. Journal of Public Policy & Marketing, 21(1), 78-89. Hoyer, W. D., & Brown, S. P. 1990. Effects of Brand Awareness on Choice For a Common Repeat-Purchase Product. Journal of Consumer Research,17(2), 141-148. Janiszewski, C., & Van Osselaer, M. J. 2000. A Connectionist Model of Brand-Quality Associations. Journal of Marketing Research, 37(3), 331-350. JRS, Tumpal dan Sitinjak, Tony. 2005. Pengaruh Citra Merek dan Sikap Merek Terhadap Ekuitas Merek. Jurnal Ekonomi Perusahaan, Vol 12 Keller, K. L. (1993). Conceptualizing, Measuring and Managing Customer-Based Brand Equity. Journal of Marketing, 57(1), 1-22. Loudon, David and J Della Bitta. 1993. Consumer Behavior: Concept and Applications. 4th Edition, New York: Mc.Graw Hill. Low, G.S dan Lamb, Ch.W. 2000. The Measurement and Dimensionality of Brand Association. Journal of Product and Brand Management, Vol. 9 No.6, pp.350-368 Macdonald, E. K., ? Sharp, B. M. 2000. Brand Awareness Effects on Consumer Decision Making for a Common, Repeat Purchase Product: A Replication. Journal of Business Research, 48, 5-15 Mishra, Anil., C.T Near, Road, Khandawa. 2009. Indian Perspective about Advertising Appeal. International Journal of marketing Studies, Vol. 1, No. 2, pp. 23-34 Ouwersloot, Hans and Tudorica Anamaria. 2001. Brand Personality Creation through Advertising. Maxx Working Paper 2001-01, February 2nd 2001 Percy, L., & Rossiter, J. R. 1992. A Model of Brand Awareness and Brand Attitude Advertising Strategies. Psychology & Marketing, 9, 263-274. Shimp Terence. 2003. Periklanan dan Promosi. Erlangga, Jakarta Shimp, T.A. 2010. Advertising, Promotion and Other Aspects of Integrated Marketing Communication 8th Edition. South-Western: Cengage Learning. Singarimbun, Masri, dan Effendi, Sofyan. 1995. Metode Penelitian Survey. Edisi Revisi, Jakarta, Pustaka LP3ES. Sugiyono, Prof., Dr. 1999. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Ke-6, Bandung, CV. Alfa Beta. Turley, L. W., & Moore, P. A. 1995. Brand Name Strategies in the Service Sector. Journal of Consumer Marketing, 12(4), 42-50 Wang, Ya Hui and Cing Fen Tsai. 2014. The Relationship Between Brand Image and Purchase Intention: Evidence From Award Winning Mutual Funds. The International Journal of Business and Finance Research Vol. 8 No.2.

Penerbit : FE UNTAG CIREBON

Edisi : Vol.5 No.2 Juli-Desember 2016

ABSTRAK

Perkembangan industri komunikasi di Indonesia mendorong perushaan untuk dapat menarik perhatian konsumen, bagaimana mereka mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen yang pada akhirnya konsumen setia dengan produk yang ditawarkan. Semakin konsumen mudah untuk mengingat merek produk yang ditawarkan maka semakin loyal terhadap produk perusahaan. Loyalitas merek produk salah satu konsep yang sangat penting terkhusus pada kondisi persaingan bisnis yang sangat ketat sedangkan pertumbuhan masih rendah. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh brand image dan daya tarik iklan terhadap minat beli kartu seluler XL mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 120 responden. Teknik analisis data menggunakan SEM (Structural Equation Model) AMOS 21.0. Pengukuran pada konstruk eksogen dan endogen di uji menggunakan analsis korfirmatori dan uji kelayakan full model yang dianalisis dengan menggunakan SEM dimana didapatkan hasil Goodness of Fit untuk Chi-square 73,370; Probability 0,011; RMSEA 0,67; CFI 0,978; AGFI 0,860; CMIN/DF 1,529; TLI 0,970; GFI 0,914 dapat disimpulkan bahwa model yang diajukan dapat diterima. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa brand image dan daya tarik iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness. Daya tarik iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Brand image berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen tetapi tidak signifikan.

Kata kunci : Brand image, Daya Tarik Iklan, Brand Awareness, Minat Beli.

File : 2. Vita Dhameria, SE., MM (Fisip).pdf

2017-08-03 09:11:53



join.jpg, 67kB