PENGARUH ANTARA PERAN ORGANISASI PROFESI KEGURUAN (PGRI) TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI GURU IPS DI KECAMATAN LIGUNG KABUPATEN MAJALENGKA

Judul : PENGARUH ANTARA PERAN ORGANISASI PROFESI KEGURUAN (PGRI) TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI GURU IPS DI KECAMATAN LIGUNG KABUPATEN MAJALENGKA

Penulis : Weni Indriyani dan R. Misriah Ariyani S

Kutipan : DAFTAR PUSTAKA Amirul, Hadi dan Haryono, 1998, Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung : CV Pustaka Setia. Arikunto, Suharsimi, 2007, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara. ------------------------ , 1998, Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. H a l a m a n | 94 JURNAL EKONOMI ISSN: 2302-7169 VOL. 1 NO. 1 September-Desember 2012 Bafadal, Ibrahim, 2003, Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara. B.Uno, Hamzah, 2011, Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Depdikbud. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 1989. Engkoswara dan Husna Asmara, 1995, Pendidikan dan Prospeknya Terhadap Pembangunan Bangsa Dalam PJP (Ilmu dan Organisasi Profesi Kependidikan). Jakarta : ISPI. E.Mulyasa, 2008, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Majid, Abdul, 2006, Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Muhammad, Arin, 2009, Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara. Nurdin,Syafuddin, 2003, Basyiruddin Usman. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Ciputat Press. Nusantara, Surya, 2007, Definisi dan Manfaat Organisasi. Posted by Darwis. Riduan & Akdon, 2006, Rumus dan Data dalam Aflikasi Statistik. Bandung : Alfabeta. Samana, A., 1994, Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta : Kanisius. Suherman, Aris, dkk., 2007, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (P.IPS). Cirebon:Pangger Press. Sobary Sutikno, 2006, Pendidikan Sekarang dan Masa Depan “Suatu Refleksi Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Bermakna”. Nusa Tenggara Barat: NTP Press. Sudijono, Anas, 2003, Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Sugiyono, 2006, Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta. H a l a m a n | 95 JURNAL EKONOMI ISSN: 2302-7169 VOL. 1 NO. 1 September-Desember 2012 Syamsuddin, Abin dan Nanang Budiman, 1999, Profesi Keguruan 2. Jakarta Universitas Terbuka. Trianto, 2010, Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Syamsuddin, Abin dan Nanang Budiman, 1999, Profesi Keguruan 2. Jakarta Universitas Terbuka.Trianto, 2010, Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Yamin, Martinis, 2006, Sertifikasi Profesi Keguruan di Indonesia. Jakarta: Gaung Persada Press. ………….., Profesionalisme Guru dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press. 2006. http://sitimasruroh.blogspot.com/2009/11/kompetensi-guru.html http://rastodio.com/pendidikan/pengertian-kompetensi-guru.htm http://www.pgri.or.id/Sejarah.html http://tunas63.wordpress.com/2008/11/28/sejarah-singkat-lahir-pgripersatuan-guru-republik-indonesia/ http://search.4shared.com/q/BBQD/1/books_office/+PGRI+MENINGKATK AN+KOMPETENSI+GURU# http://kangnas.info/profesionalisme-guru-dan-peran-pgri/

Penerbit : FE UNTAG CIREBON

Edisi : Vol. 1 • No. 1 • September-Desember 2012 JURNAL EKONOMI ISSN: 2302-7169

ABSTRAK

Peran organisasi profesi keguruan (PGRI) diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi para guru serta berperan aktif dalam meningkatkan kompetensi guru dan kesejahteraannya, sesuai dengan fungsi PGRI dalam UUD Guru dan Dosen No 14 Tahun 2005 pasal 42, dan Sikdiknas pasal 10 ayat 1 dimana seorang guru harus memiliki 4 standar kompetensi guru sesuai dalam UUD Guru dan Dosen sehingga dapat menghasilkan SDM yang berkualitas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian angket kepada guru IPS dan melakukan wawancara kepada ketua PGRI. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru IPS yang menjadi anggota PGRI di Kec. Ligung Kab. Majalengka yang berjumlah 21 guru dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Peran PGRI korelasinya terhadap peningkatan kompetensi guru IPS di kec.Ligung Kab.Majalengka dinilai tinggi/kuat sebesar r (xy) = 0,72, yakni ada korelasi yang positif dan kuat antara peran PGRI terhadap peningkatan kompetensi guru IPS. Sedangkan pengaruh peran yang dilakukan oleh organisasi profesi keguruan (PGRI) terhadap peningkatan kompetensi guru IPS di Kecamatan Ligung Kabupaten Majalengka sebesar 0,52%, sedangkan sisanya 48% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Kata kunci : Organisasi Profesi Keguruan (PGRI), Kompetensi, dan Guru IPS PENDAHULUAN

File : Misriah_keguruan.pdf

2016-12-19 11:19:42



join.jpg, 67kB