ANALISIS PENGARUH KELENGKAPAN FASILITAS WISATA DAN KEMENARIKAN TEMPAT WISATA TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI WISATAWAN KOTA SEMARANG

Judul : ANALISIS PENGARUH KELENGKAPAN FASILITAS WISATA DAN KEMENARIKAN TEMPAT WISATA TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI WISATAWAN KOTA SEMARANG

Penulis : Vita Dhameria

Kutipan : DAFTAR PUSTAKA Aaker, D. A. 2000. Managing Brand Equity. New York: Free Press. Arikunto. 1996. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. Assael, Henry. 1995. Costumer Behavior And Marketing Action. Keat Publishing Company, Boston. Bolton, R. N. & Drew, J. H. (1991). A Multistage Model of Customers’ Assessments of Service Quality and Value. Journal of Consumer Research, 17 (January), 375-384. Cronin, J.J, Michael, K.B, and G.Tomas, M.H. 2000. Assessing the effects of Quality, Value, and Customer Satisfaction on Consumer Behavioral Intentions in Service Environtment. Journal of Retailing. Vol. 76(2), pp. 193-218. Durianto, Darmadi., Sugiarto & Tony Sitinjak. 2001. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Durianto, et al. 2004. Strategi Menaklukkan Pasar Riset Ekuitas Dan Perilaku Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Ferdinand, A.T. 2002. Structural Equation Modelling dalam Penelitian Manajemen, BP-UNDIP, Semarang. Hair J.F. et.al. 1995. Multivariate Data Analysis With Reading. Fourth Edition, Prentice Hall. New Jersey. Jalilvand, M. R. dan Samiei, N. 2012. The Effect of Electronic Word of Mouth On Brand Image and Purchase Intention: An Empirical Study in the Automobile Industry in Iran. Marketing Intelligence & Planning, Vol. 30 Iss: 4 pp. 460 – 476. Jalilvand, M. R. dan Samiei, N. 2012. The Impact of Electronic Word of Mouth On A Tourism Destination Choice: Testing the Theory of Planned Behavior (TPB). Internet Research, Vol. 22 Iss: 5 pp. 591 – 612. Kotler, Philip dan Gary Armstrong, 2001, Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Edisi Kedelapan, Jakarta, Erlangga. Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1, edisi Ketiga Belas, Terjemahan Bob Sabran, MM. Jakarta: Penerbit Erlangga. Maryani, Enok. 2000. Dimensi Geografi dalam kepariwisataan. Jurnal Pariwisata. Muhammad Tahwin. 2003. Pengembangan Obyek Wisata Sebagai Sebuah Industri Studi Kasus Kabupaten Rembang. Jurnal Gemawisata, Vol. 1, No.3/November 2003, hal 236-249. Oka A Yoeti. 2007, Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa Bandung. Piratheepan, Udeshini and Ambalam Pushpanathan. 2013. Impact of Promotional Strategies on Brand awareness ; A Study on Milk Powder Brands in 75 Nuwaraeliya District”. Journal of IFRSA Bussiness Review. Vol. 3. hlm. 268-272. R, Basiya dan Rozak, Hasan Abdul. 2012. Kualitas Daya Tarik Wisata, Kepuasan, dan Niat Kunjungan Kembali Wisatawan Mancanegara di Jawa tengah. Jurnal Dinamika Kepariwisataan, Vol. XI No.2, p. 1-12. Rajagopal. 2008. Measuring Brand Performance Trough Metrics Application. Measuring Business Excellence vol. 12.1. Shahrokh, Z. D., Sedghiani, J. S., dan Ghasemi, V., 2012., Analyzing The Influence Of Customer Attitude Toward Brand Extension On Attitude Toward Parent Brand, Interdisciplinary Journal Of Contemporary Research In Business, Vol. 3, No. 9, pp. 1133-1148. Singarimbun M. & S. Effendi. 1991. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES. Spillane J.J. 1987. Pariwisata Indonesia SejarahdanProspeknya. Yogyakarta. Kanisius,150 halaman. Sugiama, A.Gima. 2000. Pariwisata: prinsip, Konsep dan Aplikasi. Diktat Mata kuliah Pengantar Pariwisata Jurusan Administrasi Niaga Politektik Bandung. Sugiyono, Prof., Dr., 1999, Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Ke-6, Bandung, CV. Alfa Beta. Tian-Cole et. 2002. An Empirical Investigation Of The Relationships Between Service Quality, Satisfaction And Behavioral Intentions Among Visitors To A Wildlife Refuge. Journal Of Leisure Research 34(1): 1-24. Werner J, severin dan James W, Tankard, Jr. 2005. Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, dan Terapan di dalam Media Massa. Jakarta: kencana. Winardi. 2001. Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada. Zeithaml, A and Bitner, M. 2003. Service Marketing: Integrating Customer Focus Across The Firm. Bostom: the McGraw-Hill. Zeithaml, V. A.. 1988. Consumer Perception of Price, Quality, and Value: a Means-end Model and Synthesis of Evidence. Journal of Marketing, 52, pp. 2-11.

Penerbit : FE UNTAG CIREBON

Edisi : Vol. 5 • No. 1 • Januari-Juni 2016 JURNAL EKONOMI ISSN: 2302-7169

ABSTRAK

Pariwisata termasuk ke dalam sektor pembangunan yang pada saat ini sedang digalakan oleh pemerintah karena disini pariwisata memiliki peranan yang sangat penting dalam kegiatan pembangunan di Indonesia. Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh kelengkapan fasilitas wisata dan kemenarikan tempat wisata terhadap minat berkunjung kembali wisatawan kota Semarang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 120 responden dengan usia minimal 18 tahun yang diharapkan mereka mampu menjawab pertanyaan yang diajukan dalam kuesioner. Teknik analisis data menggunakan SEM (Structural Equation Model) AMOS 21.0. Pengukuran terhadap konstruk eksogen dan endogen di uji menggunakan analisis konfirmatory dan uji kelayakan full model yang dianalisis dengan menggunakan SEM dimana didapatkan hasil Goodness of Fit untuk Chi-square 87,893; Probability 0,000; RMSEA 0,08; GFI 0,895; AGFI 0,829; CMIN/DF 1,831; TLI 0,955; CFI 0,968 dapat disimpulkan bahwa model yang diajukan dapat diterima. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa kelengkapan fasilitas wisata, kemenarikan tempat wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness. Kelengkapan fasilitas wisata berpengaruh positif terhadap minat berkunjung kembali wisatawan tetapi tidak signifikan. Kemenarikan tempat wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali wisatawan. Brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali wisatawan.

Kata kunci : Kelengkapan Fasilitas Wisata, Kemenarikan Tempat Wisata, Brand Awareness, Minat Berkunjung Kembali.

File : 1. Vita Dhameria, SE., MSi.doc

2016-12-19 09:47:10



join.jpg, 67kB