PERBEDAAN PELAYANAN PADA RITEL TRADISIONAL DENGAN RITEL MODERN DI KOTA CIREBON.

Judul : PERBEDAAN PELAYANAN PADA RITEL TRADISIONAL DENGAN RITEL MODERN DI KOTA CIREBON.

Penulis : Dr. H. S U B A R S O N O, Drs.,MM.. H E R I Y O N O,i., dan EDI TOHIDI,

Kutipan : Ating Somantri dan Samabs Ali Muhidin,2005, Aplikasi Statistik dalam Penelitian, CV Pustaka Setia, andung Alma, B.2005, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa edisi revisi CV Alfabeta, Bandung Fandy Tjiptono, 2001. Service Quality and satfaction. Andi Yogyakarta Fandy Tjiptono, 2001. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Ofset.Yogyakarta Fandy Tjiptono, 2005. Manajemen Jasa. Andi Yogyakarta ______. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Ofset. Yogyakarta. Freddy Rangkuti, 2004, Riset Pemasaran, PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta Freddy Rangkuti, 2006, Measuring Customer Satisfaction, PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta Furqon, 1999, Statistik Terapan Untuk Penelitian, Bandung Alfabeta Hendri Maarif, 2005 Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif , PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta Karyono, 1984, Prospek Ekonomi Pedesaan, Yayasan Obor Indonesia, Jakarta Kotler, Philip dan AB Susanto, 2001, Manajemen Pemasaran di Indonesia Buku 2, Jakarta, Semba empat dan Pearson Education Asia Pte.Ltd Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta Kotler, Philip, 2005 Manajemen Jasa, PT. Indek, Jakarta Kotler Philip dan Gary Amstrong, 2004, Dasar-Dasar Pemasaran Edisi enam (diterjemahkan oleh Imam Nurmawan), Penerbit Erlangga, Jakarta Lupiyoadi, Rambut, 2001, Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Pertama, selemba Empat, Jakarta Nilson,C, 2003 Modern Supermarket (Terjemahan AW Mulyana), Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta Ratminto dan Atik Winarsih, 2005 , Manajemen Pelayanan, Pustaka Pelajar Yogyakarta Sinaga, Pariaman 2004, Makalah Pasar Modern VS Pasar Tradisional, Kemetrian koperasi dan UKM Jakarta, Tidak diterbitkan Sugiono, 2008, Metode Penelitian Bisnis , Bandung Alfabeta Supranto, J, 1991, Pemasaran Pariwisata dan aplikasi Jakarta Erlangga Supranto, J 2006, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, Cetakan ke-3, PT. Rineka Cipta, Jakarta Wahab, S. 1992, Pemasaran Pariwisata, Alih Bahasa Frans Gromong, Jakarta PT. Gramedia Jakarta Wardono, adhitya, 2001, Peluang Bisnis Ritel di Era Otonomi Daerah, Marburg, 23 September 2001 Dokumentasi : Undang-undang No.8 tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Undang-undang No.20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah Peraturan Presiden No. 112 2007 Tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern Keputusan Mentri Perindustrian dan Perdaganggan No. 107/MPP/KEP/2/1998 Tentang Ketentuan dan Tata Cara Pemberian Izin Usaha Pasar Modern Peraturan Mentri Perdaganggan No. 53/M-Dag/PER/12/2008 Tentang Pedoman Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern

Penerbit : Fakultas Ekonomi UNTAG Cirebon

Edisi : JURNAL EKONOMI ISSN: 2302-7169 Vol. 2 • No.2 • Januari-April 2014

ABSTRAK

Pertumbuhan perekonomian masyarakat diikuti dengan pertumbuhan bisnis ritel yang semakin pesat. Indonesia dengan jumlah penduduk ke-empat terbanyak di dunia setelah Cina dan India memiliki potensi yang sangat besar bagi pasar ritel. Salah satu jenis pasar modern yang saat ini sedang berkembang pesat menawarkan kemudian karena lokasi toko atau gerai yang dekat dengan konsumen serta mengutamakan kepraktisan dan kecepatan atau waktu yang tidak lama dalam berbelanja. Ritel mempunyai arti penjualan secara eceran. Seiring tuntutan pasar bebas, ritelpun belakangan bertambah dengan konsep ritel modern. Ritel tradisional merupakan ritel sederhana dengan tempat yang tidak terlalu luas, barang yang dijual terbatas jenisnya. Sistem menajemen yang sederhana memungkinkan adanya proses tawar menawar harga. Pengujian Hipotesis ; Analisa terdapat atau tidak terdapatnya perbedaan digunakan rumus uji t Separated Variance ( Sugiyono 2008 : 264). Hasil perhitungan t hitung lebih besar daripada t tabel; maka hipotesis yang menyatakan terdapat perbedaan pelayanan antara ritel tradisional dengan ritel modern diterima Spearman Brown dengan r hitung lebih besar dari r tabel maka dengan demikian variabel pelayanan dinyatakan Reliabel

Kata kunci : Pelayanan, Ritel Tradisional, dan Ritel Modern

File : 1. H. Subarsono, dkk..pdf

2015-08-11 10:09:21



join.jpg, 67kB