PENGARUH KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MENJELASKAN PELAJARAN TERHADAP DAYA SERAP SISWA KELAS VII SMPN 1 GUNUNG JATI CIREBON

Judul : PENGARUH KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MENJELASKAN PELAJARAN TERHADAP DAYA SERAP SISWA KELAS VII SMPN 1 GUNUNG JATI CIREBON

Penulis : WARJO

Kutipan : -

Penerbit : JURNAL PROAKSI UNIV.MUHAMMADIYAH CIREBON

Edisi : NOMOR 2 ,JULI - DESEMBER 2012

ABSTRAK

Kompetensi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan kemampuan, keahlian dan ketrampilan dalam menjelaskan materi pelajaran yang sepenuhnya harus dikuasai oleh guru, antara lain merencanakan proses belajar mengajar, melaksanakan dan memimpin/mengelola proses belajar mengajar, menilai kemajuan proses belajar mengajar dan menguasai bahan pelajaran. Kemampuan daya serap siswa dalam merespon materi pelajaran yang disajikan oleh guru merupakan pertanda awal yang baik bagi proses belajar siswa dan daya dorong yang positif bagi kegiatan belajar siswa. Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh gambaran bahwa guru PAI di SMPN 1 Gunung Jati Cirebon masih ditemukan kemampuan guru dalam menjelaskan materi pelajaran kurang menguasai bahan /materi pelajaran yang disampaikan kepada siswa, sehingga berdampak terhadap daya serap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang kompetensi guru dalam menjelaskan materi pelajaran dan untuk mengetahui sejauhmana pengaruhnya terhadap daya serap siswa kelas VII SMPN 1 Gunung Jati Cirebon. Metode Penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (fiel research), angket dan ditunjang oleh referensi-referensi yang berkaitan dengan tema yang dibahas (library research). Adapun yang menjadi tolok ukur tentang kompetensi guru Pendidikan Agama Islam dalam menjelaskan materi pelajaran terhadap daya serap siswa dengan skor acuan tinggi, sedang atau rendah. Setelah dilakukan penelitian di SMPN 1 Gunung Jati Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon, maka dapat disimpulkan bahwa kompetensi guru Pendidikan Agama Islam dalam menejelaskan materi pelajaran terhadap daya serap siswa memiliki kompetensi “ cukup kuat “ dan hubungan yang positif sebesar 0,528 antara kompetensi guru PAI dengan daya serap siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa korelasi 0,528 menunjukan hubungan yang cukup kuat antara variabel X (Kompetensi Guru PAI dalam menjelaskan materi pelajaran) dan variabel Y ( Daya Serap Siswa ). KP = 99,72 % hal ini menunjukan bahwa variabel X mempengaruhi variabel Y sebesar 99, 72 % dan menunjukan asumsi adanya pengaruh faktor lainnya.

Kata kunci : Kata Kunci : Kompetensi Guru, Daya Serap Siswa

File : Jurnal warjo_jurnal PAI.pdf

2018-02-02 06:09:19



join.jpg, 67kB