PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENJUALAN BATUBARA PADA PT. CAHAYA MANTINGAN NUSANTARA JAKARTA (Survey pada Perusahaan batubara)

Judul : PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENJUALAN BATUBARA PADA PT. CAHAYA MANTINGAN NUSANTARA JAKARTA (Survey pada Perusahaan batubara)

Penulis : Zuki Kurniawan dan Wilan Andriyani

Kutipan : Basu, Swastha, (2012), Manajemen Penjualan, Edisi ke 3, Cetakan ke 7, Yogyakarta ; BPFE Yogyakarta. Basu, Swastha & Irawan, (2008), Manajemen Pemasaran Modern, Cetakan ke 13, Yogyakarta ; Liberty Yogyakarta. Fandy, Tjiptono, (2008), Strategi Pemasaran, Yogyakarta ; Andi. Fandy, Tjiptono & Chandra, Gregorius, (2012), Pemasaran Strategik, Edisi 2, Yogyakarta ; Andi. Kotler, Philip, (1990), Manajemen Pemasaran : Analisis Perencanaan dan Pengendalian, Cetakan ke 5, Jilid 1, Jakarta ; Erlangga. Kotler, Philip & Keller, K.L, (2008), Manajemen Pemasaran, Edisi ke 13, Jilid 1, Jakarata ; Erlangga. Sugiyono, (2001), Metode Penelitian Administrasi, Bandung ; Alfabeta. ------------, (2009), Statistika untuk Penelitian, Cetakan ke 14, Bandung ; Alfabeta. ------------, (2013), Metode Penelitian Pendidikan : Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung ; Alfabeta.

Penerbit : FE UNTAG CIREBON

Edisi : Vol.4 No.1 Januari-Juni 2015

ABSTRAK

PT. Cahaya Mantingan Nusantara Jakarta merupakan sebuah perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang pertambangan khususnya mengelola dan memproduksi hasil tambang batubara. Dalam menjalankan usahanya, PT. Cahaya Mantingan Nusantara Jakarta berusaha terus meningkatkan penjualan untuk mencapai laba perusahaan yang maksimal. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi pemasaran terhadap penjualan penulis telah melakukan penelitian yang dituangkan dalam bentuk skripsi dengan judul “Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Penjualan Batubara Pada PT. Cahaya Mantingan Nusantara Jakarta”. Dari hasil penelitian dengan pengujian statistik dimana strategi pemasaran sebagai variabel X dan penjualan sebagai variabel Y, dengan menggunakan rumus Product Moment dan pengujian t hitung dibandingkan t tabel yang menghasilkan adanya pengaruh strategi pemasaran terhadap penjualan. Berdasarkan perhitungan koefisien korelasi : dihasilkan nilai 0,75 termasuk kategori kuat. Pengujian hipotesis statistik, dengan menggunakan uji t diperoleh t hitung 11,8 yang kemudian dibandingkan dengan t tabel pada tingkat kesalahan 5% uji dua pihak dan dk = n – 2 = 50 – 2 = 48 (diperoleh t tabel 2,021). Oleh karena t hitung lebih besar dari t tabel maka dapat disimpulkan bahwa korelasi sebesar 0,75 signifikan. Koefisien determinasi sebesar 0,5625 yang mengandung arti bahwa penjualan dipengaruhi oleh strategi pemasaran sebesar 56,25% sedangkan penjualan dipengaruhi oleh selain faktor strategi pemasaran adalah sebesar 43,75%. Regresi Linear dihasilkan persamaan Y = 22,09 + 0,13 X yang mengandung makna bahwa apabila nilai X dinaikkan satu satuan, maka nilai Y akan naik sebesar 0,13 pada tingkat konstanta 22,09.

Kata kunci : Strategi Pemasaran, Penjualan.

File : 8. Zuki Kurniawan dan Wilan Andriyani.doc

2017-10-02 09:08:28



join.jpg, 67kB