STRATEGI PEMASARAN PRODUK USAHA KECIL MENENGAH (UKM) NASIONAL DALAM MASYARAKAT EKONOMI ASEAN

Judul : STRATEGI PEMASARAN PRODUK USAHA KECIL MENENGAH (UKM) NASIONAL DALAM MASYARAKAT EKONOMI ASEAN

Penulis : H.Sumaryono

Kutipan : Anonym, (2015), Pengelolaan Usaha Secara Profesional Guna Meningkatkan Daya Saing Produk UMKM, Jakarta: UKMC Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Dolan, R.J. (1991), Strategic Marketing Management. Boston, Massachusetts: Harvard Bussiness School Publications. Ina Hagniningtyas Krisnamurthi, 2015, Implementasi MEA 2015: Peningkatan Daya Saing Produk Olahan Pertanian dan Perikanan, Presentasi di Cirebon. Tjiptono, F. (2008), Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit ANDI Tull, D.S. and L.R.Kahle (1990), Marketing Management, New York: Macmillan Publishing Company.. Bank Indonesia, (2015), Laporan SKSR, Jakarta. Biro Pusat Statistik Republik Indonesia, (2006), Survey Sensus Nasional Situs Kementerian Perdagangan RI, Maret 2015 World Economic Forum, 2014 (http://aseancreativeyouth.org/

Penerbit : FE UNTAG CIREBON

Edisi : Vol.4 No.1 Januari-Juni 2015

ABSTRAK

Menghadapi pasar tunggal ASEAN akhir tahun 2015, bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) dapat menjadi peluang sekaligus akan menjadi tantangan bisnisnya. Untuk itu perlu menyusun strategi usaha agar dapat memanfaatkan peluang dan mengantisipasi ancaman yang akan timbul. Salah satu strategi yang harus dilakukan adalah mempersiapkan strategi pemasaran terpadu agar mampu memenangkan persaingan. Strategi pemasaran terpadu (marketing mix) adalah strategi pemasaran dengan memilih pasar sasaran yang tepat, mengkombinasikan strategi produk, strategi harga, strategi promosi dan strategi distribusi. Namun sebelum itu, UKM harus melakukan evaluasi usahanya untuk meyakinkan bahwa produknya siap masuk ke pasar internasional (ASEAN). Langkah selanjutnya adalah: pahami pasar dan teknik pemasaran internasional, meningkatkan kualitas dan standar produk, membenahi manajemen keuangan, formalisasi usaha, meningkatkan akses dan transfer teknologi, memperluas akses informasi dan mampu beradaptasi dengan situasi baru yang mungkin berbeda dengan pasar dalam negeri.

Kata kunci : Peluang, Tantangan dan Strategi Pemasaran.

File : 7. Ir.H. Sumaryono, MM..doc

2017-10-02 09:00:49



join.jpg, 67kB