MARKETING DAN PRODUK JASA LAYANAN PENDIDIKAN PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA

Judul : MARKETING DAN PRODUK JASA LAYANAN PENDIDIKAN PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA

Penulis : W A R J O

Kutipan : Agama RI, Kementrian. (2010) , Al Qur’an dan Tafsirnya, Penebit PT.Lentera Abadi Jakarta. Alma, Buchari. (2007) Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Penerbit CV Al Fabeta, Bandung. Mulyasa, E, (2008), Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, PT Remaja Rosdakarya, Bandung. Nurdin, Disidng. ( 2009), Mahasiswa pemimpin masa depan, Penerbit PT. Ilmu Cahaya Hati, Bandung. Syekh Nurjati .IAIN, (2009) , OASIS Jurnal program Pascasarjana IAIN Cirebon. Saud Syaefudin, Udin. (2009), Pengembangan profesi Guru, CV Al Fabeta, Bandung Susanto, A.B. (2000), Manajemen Pemasaran di Indonesia, Diadapsi dari Marketing Management Eight Edition by Philip Kotler, CV. Salemba Empat, Jakarta. UNTAG. (2010), S.O.P. standar operating prosedure UNTAG Cirebon. Dokumentasi : Brosur UNTAG.(2010), Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2010 Buku P2KMP, (2011). Pengarahan dan Pengenalan Kampus Merah Putih. Brosur MP,(2010), Penerimaan Mahasiswa Baru tahun 2010. K.Bambang. (2010), wawancara tentang marketing pendidikan. Manuskrip SPMI,(2011) Sistem Penjamin Mutu Perguruan Tinggi.

Penerbit : FE UNTAG CIREBON

Edisi : Vol. 2 • No. 1 • September-Desember 2013

ABSTRAK

Pemasaran jasa pendidikan merupakan suatu proses yang harus dilakukan Sekolah/ kampus Perguruan Tinggi untuk memberikan jasa pelayanan kepada stakeholder dan masyarakat dengan menggunakan berbagai strategi pemasaran pendidikan. Dalam memasarkan produknya sebuah perguruan tinggi tidak hanya memprioritaskan dan memberdayakan karyawannya saja, tapi seluruh komponen lainya lebih dioptimalisasikan yang selama ini masih kurang mendapat perhatian oleh pihak pengelolah jasa pendidikan perguruan tinggi, antara lain penekanan terhadap produk (calon mhs, perkuliahan, dosen dsb) , harga (biaya), distribusi (lulusan, alumni) dan promosi. Perguruan tinggi yang berhasil dalam rekrutmen calon mahasiswa baru, jika fungsi marketing pendidikan dilakukan secara kontiniu dalam berbagai penyelenggaran di pergurun tinggi. Perguruan tinggi memang harus lebih aktif untuk menggaet input-input yang berkualitas dalam rangka melakukan kompetisi. Sehingga tak heran jika pilihan berinovasi dengan memajukan waktu perekrutan calon siswa menjadi strategi baru bagi sekolah dalam konteks pemasaran produk jasa layanan pendidikan.

Kata kunci : Marketing Pendidikan, dan Produk Layanan Pendidikan.

File : 4. Warjo, Drs.,M.Pdi..docx

2017-09-30 11:43:01



join.jpg, 67kB