PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR PT. JAMSOSTEK CABANG CIREBON

Judul : PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR PT. JAMSOSTEK CABANG CIREBON

Penulis : Zuki Kurniawan

Kutipan : Angelo Kinicki,- Robert Kreitner, 2003, Perilaku Organisasi, Penerbit Salemba Empat, Jakarta A Noe, Raymond, Hollenback 2011, Human Resource Management: Gaining a Competitive Advantage ; mencapai keunggulan bersaing, Penerbit Salemba Empat, Jakarta. AA. Anwar Prabu Mangkunegaran, 2007, Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia, Cetakan ketiga, Refika Aditama, Bandung. Bernardin, John H., 2010, Human Resource Management ; An Experiental Approach McGraw-Hill International Edition, Mc-Graw-Hill Companies, Inc. Avenue of the Americas, New York, NY 10020. Christ Rowley – Keith Jackson, 2012, Manajemen Sumber Daya Manusia ; key concept, Penerbit Rajagrafindo Persada, Jakarta. Gary Dessler, 2011, Manajemen Sumber Daya Manusia, edisi kesepuluh bahasa Indonesia PT Indeks, Penerbit PT. Macanan Jaya Cemerlang, Jakarta. Gary Dessler, 2011, Human Resource Management , twelfth edition ; global edition, Pearson Education, published by Pearson Education, publishing as Practice Hall @2011, Copyright Licensing Agency Ltd, Saffron House,6-10 Kirby Street, London. Erni Tisnawati Sule & Kurniawan Saefullah, 2008, Pengantar Manajemen, edisi pertamas, Penerbit Kencana Prenada Media Group Jakarta. Hani Handoko, 2003, Manajemen, Cetakan kedelapanbelas, Penerbit BPFE – Yogyakarta. John M. Ivancevich, 2010, Human Resource Management, McGrwa Edition-Hill International Edition, Published by McGraw-Hill Companies/Irwin Inc,1221 Avenue of the Americas, New York, NY 10020. Jackson-Schuler-Werner, 2010, Pengelolaan Sumber Daya Manusia ; managing human resource, Penerbit Salemba Empat, Jakarta. Jarome P.J.,2011, Evaluating Employee Performance, cetakan 1-2011, PPM, Jakarta. John H.Jackson-Robert L.Mathis, 2006, Manajemen Sumber Daya Manusia, edisi 10, Penerbit Salemba Empat, Jakarta. Jeffrey Pfeffer, 2007, Pengelolaan Mutu dan Produktivitas-Menghasilkan keunggulan bersaing berkelanjutan melalui manajemen karyawan yang efektif, Penerbit Amara Books, Yogyakarta. J.Winardi, 2004, Manajemen Perilaku Organisasi,; Edisi Revisi, Prenada Media, Jakarta. Kusdi, 2011, Budaya Organisasi ; Teori, Penelitian dan Praktek, jilid 1, Salemba Empat Jakarta. Moeheriono, 2010, Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi, Competency Based Human Resource Management, Cetakan ke dua, Ghalia Indonesia, Bogor. Raymond A.Noe – John R. Hollenbeck ; Berry Gerhart – Patrick M. Wright,2008, Human Resource Management ; Gaining A Competitive Advantage, 6th edition; Manajemen Sumber Daya Manusia ; Mencapai Keunggulan bersaing, alih bahasa oleh Didik Prayitno, edisi 6 buku 2, Penerbit Salemba Empat Jakarta. Sukmalana, Soelaiman, (2007), Manajemen Kinerja Langkah Efektif Untuk Membangun, Mengendalikan, dan Evaluasi Kinerja, Jakarta; Intermedia Personalia Utama. Sedarmayanti, 2010, Manajemen Sumber Daya Manusia ; Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil, Cetakan keempat, Refika Aditama, Bandung. Sudarwan Danim, 2008, Kinerja Staf dan Organisasi, Cetakan kedua , Pustaka Setia, Bandung. Stephen P.Robbins-Timothy A. Judge,Perilaku Organisasi ,buku I, 2008 ; Pearson Edition, penerbit Salemba Empat, Jakarta. Stephen P.Robbins-Timothy A. Judge,Perilaku Organisasi ,buku II, 2008 ; Pearson Edition, penerbit Salemba Empat, Jakarta. Stephen P.Robbins-Phillip L.Hunsaker, 2012, Training in Interpersonal Skill ; tips for managing people at work, sith edition, Pearson Education, Inc., Prentice Hall New Jersey 07458 Stephen P.Robbins – Mary Coulter, 2007, Management , eight edition, alih bahasa oleh Harry Slamet dan Ernawati Lestari, Edisi kedelapan jilid 2, Macanan Jaya Cemerlang, Jakarta Sophiah, 2008, Perilaku Organisasional, Edisi satu, Penerbit CV.Andi Offset Yogyakara. Sugiyono, 2007, Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,Cetakan Kesebelas, Penerbit Alfabeta Bandung. Sugiyono, 2012, Statistik Untuk Penelitian, Cetakan Ke 21 Oktober Penerbit Alfabeta Bandung. Wibowo, 2010, Budaya Organisasi ; Sebuah Kebutuhan Untuk Meningkatkan Kinerja Jangka Panjang, edisi satu cetakan 1, Penerbit Raja Grafindo Persada Jakarta. Wibowo, 2012, Manajemen Kinerja Edisi Ketiga ; Cetakan ke 6, Penerbit Raja Grafindo Persada Jakarta. Winardi, Manajemen Perilaku Organisasi, edisi revisi 2004, Penerbit Kencana, Jakarta.

Penerbit : Fakultas Ekonomi Untag Cirebon

Edisi : Vol. 1 No. 3 Mei – Agustus 2013

ABSTRAK

Arus globalisasi dewasa ini sudah tidak dapat dihindari lagi oleh karenanya kesiapan daripada sumber daya manusia pada setiap organisasi menjadi hal penting untuk diperhatikan,mengingat daya saing organisasi salah satunya dipengaruhi oleh kualitas dan kemampuan sumber daya manusianya. Oleh karena itu perusahaan akan dihadapkan pada situasi yang lebih kompetitif. Dimana setiap perusahaan dituntut lebih siap menyikapi daya saing. Maka faktor kemampuan atau kompetensi seeseorang menjadi tuntutan oleh pihak manajemen perusahaan karena semakin luasnya aktivitas dan pemasalahan yang dihadapi perusahaan, usaha-usaha yang dilakukan melalui sistem pengembangan kemampuan pegawai yang disertai dengan pendelegasian wewenang dan tanggung jawab, begitupun yang terjadi pada kantor PT. Jamsostek cabang Cirebon, dimana kemampuan pegawai sangatlah berperan karena hampir seluruh lingkup pekerjaan sudah terintegrasi dengan perkembangan tekhnologi. Dalam menjalankan kegiatan yang bergerak dibidang pelayanan jasa asuransi, ada kalanya terdapat suatu kelemahan terutama dalam aplikasi tekhnologi yang terjadi dalam suatu posisi di dalam organisasi. Hal itu telah secara tidak langsung akan mempengaruhi laporan kinerja atau dengan sengaja menimbulkan kesalahan-kesalahan sedemikian rupa untuk menutupi pengembalian aktivitas atau pengembangan penyajian dari data yang disampaikan dalam laporan-laporan. Kompetensi pegawai dimaksudkan untuk menjawab tantangan dan daya saing terutama dalam era pemberlakuan UU BPJS, pengelolaan sumber daya yang dimiliki juga memerlukan perhatian yang cukup serius, mengingatkan fungsi pengkajian sangat penting bagi perusahaan. Penulisan ini menggunakan metode deskriptif , yaitu suatu metode yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data dari hasil observasi, kemudian dianalisis untuk memberikan gambaran suatu obyek secara rasional dan sistematis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa kompetensi pegawai dapat mempengaruhi kinerja mereka. Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan kemampuan pegawai melalui pelatihan atau pemberian kesempatan pada berbagai bidang pekerjaan. Begitu juga dengan PT.Jamsostek cabang Cirebon yang kegiatan usahanya bergerak dibidang jasa perlindungan asuransi, memerlukan adanya kompetensi sumber daya manusianya dan dari hasil pembahasan didapat koefisien korelasi antara kompetensi dengan kinerja dimana pada uji r menghasilkan sebesar 0.69 sedangkan nilai koefisiennya adalah 48,40, kemudian pada uji dignifikansi yaitu uji t didapat hasil t hitung sebesar 8,214 yang lebih besar dari nilai t tabel. Dari hasil perhitungan maka menunjukkan hipotesis yang diibuat dapat diterima, bahwa kompetensi memiliki pengaruh terhadap kinerja pegawai PT. Jamsostek Cabang Cirebon.

Kata kunci : Kompetensi, dan Kinerja Pegawai.

File : 2. Zuki Kurniawan, SE.,MSi..pdf

2017-09-26 11:56:52



join.jpg, 67kB